Ijtimak (Perhimpunan) Tabligh Sedunia di kawasan lapang berhampiran Masjid Kuarters Lapangan Terbang Antarabangsa Kuala Lumpur (KLIA)
KEDUDUKAN KITAB "FADHA'IL AL A' MAL" KITAB RUJUKAN UTAMA JEMAAH TABLIGH
Lajnah Daimah ditanya: Syaikh Muhammad Zakaria Al Khandahlawi rahimahullah termasuk ulama yang paling masyhur di India dan Pakistan, khususnya dilingkungan jama’ah tabligh. Dia memiliki beberapa tulisan, diantaranya kitab “fadha’il al-a’mal”, dimana kitab ini banyak terdapat dihalaqah-halaqah yang membahas agama dikalangan jama’ah tabligh.Para anggota jama’ah ini meyakini kitab ini seperti “shahih bukhari”, dan yang semisalnya, dan dahulu aku (penanya)pun bersama mereka. Disaat sedang membaca kitab ini, aku mendapati banyak kisah-kisah yang diriwayatkan, yang terkadang sulit difahami dan diyakini. Oleh karena itu,aku mengirim kepada lembaga kalian agar dapat memberi jalan keluar dari permasalahanku ini.
Diantara kisah ini adalah kisah yang diriwayatkan oleh Sayyid Ahmad Rifa’I, dimana dia berkata: tatkala dia selesai menunaikan ibadah haji, dia pun mengunjungi kuburan Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam sambil melantunkan bait-bait syair berikut dan berdiri di depan kuburan Nabi Shallallahu alaihi wasallam sambil berkata:
فـي حالـة البعـد روحي كنت أرسلها. . . . . . . . . . تقبــل الأرض عني وهي نائبتي
وهــذه دولــة الأشباح قد حضرت. . . . . .. . . .. فامدد يمينـك كي تحظى بها شفتي
Dikejauhan aku melepaskan ruhku
Bumipun menerimanya dan dia menjadi penggantiku
Inilah negeri orang-orang yang telah hadir
julurkanlah tanganmu agar bibirku mendapat bagian darinya
Setelah membaca bait-bait ini,keluarlah tangan kanan Rasul Shallallahu alaihi wasallam, lalu akupun menciumnya. (Al-Hawi,As-Suyuthi).
Dan dia menyebutkan bahwa ada Sembilan puluh ribu muslim yang telah melihat kejadian besar ini, dan mereka dimuliakan dengan mengunjungi tangan yang memiliki berkah itu.Diantara mereka adalah Syaikh Abdul Qadir Jaelani rahimahullah.Yang waktu itu berada di masjid nabawi yang mulia adalah bangunan yang tinggi.Maka berkenaan dengan kisah ini,aku ingin bertanya kepada kalian:
1. Apakah kisah ini memiliki asal, atau tidak ada hakekatnya?
2. Apa menurut kalian tentang kitab “Al-Hawi” karya As-Suyuthi, dimana dia menetapkan adanya kisah ini?
3. Jika kisah ini tidak benar, apakah boleh shalat dibelakang imam yang meriwayatkan kisah ini dan meyakini kebenarannya? Apakah sah keimamahannya atau tidak?
4. Apakah boleh membaca kitab-kitab seperti ini dihalaqah-halaqah agama di masjid-masjid? Dimana kitab ini dibacakan dimasjid-masjid di Britania oleh kaum jama’ah tabligh , dan juga sangat masyhur di kerajaan Arab Saudi, khususnya di Madinah Munawwarah, dimana penulis kitab ini hidup lama di Madinah Munawwarah. Saya berharap kepada para Syaikh yang mulia agar memberi faedah kepada kami dengan jawaban yang cukup dan terperinci, agar saya dapat menerjemahkannya kedalam bahasa negeri setempat lalu menyebarkanya kepada para sahabat dan temanku, dan kaum muslimin lainnya yang saya berbincang dengannya dalam pembahasan ini?
Lajnah menjawab:
هذه القصة باطلة لا أساس لها من الصحة ؛ لأن الأصل في الميت نبيا كان أم غيره أنهتحرك في قبره بمد يد أو غيرها ، فما قيل من أن النبي صلى الله عليه وسلم أخرج يده للرفاعي أو غيره غير صحيح ، بل هو وهم وخيال لا أساس له من الصحة ، ولا يجوز تصديقه ، و لا يلم يمد يده صلى الله عليه وسلم لأبي بكر ولا عمر ولا غيرهما من الصحابة فضلا عن غيرهم ، ولا يغتر بذكر السيوطي لهذه القصة في كتابه : (الحاوي) ؛ لأن السيوطي في مؤلفاته كما قال العلماء عنه : حاطب ليل يذكر الغث والسمين ، ولا تجوز الصلاة خلف من يعتقد صحة هذه القصة لأنه مصدق بالخرافات ومختل العقيدة ، ولا تجوز قراءة كتاب (فضائل أعمال) وغيره مما يشتمل على الخرافات والحكايات المكذوبة على الناس في المساجد أو غيرها ؛ لما في ذلك من تضليل الناس ونشر الخرافات بينهم .
نسأل الله عز وجل أن يوفق المسلمين لمعرفة الحق والعمل به إنه سميع مجيب . وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه .
“ini adalah kisah yang batil yang tidak ada landasan kebenarannya sama sekali,sebab asal hukum orang yang telah mati apakah dia seorang nabi atau bukan bahwa dia sudah tidak bergerak dalam kuburannya,apakah dengan menjulurkan tangannya atau yang lainnya.Adapun yang disebutkan bahwa Nabi Shallallahu alaihi wasallam mengeluarkan tangannya kepada Rifa’I atau yang lainnya,tidaklah benar. Bahkan ini merupakan khayalan yang tidak ada landasan kebenarannya, dan tidak boleh membenarkannya.Nabi Shallallahu alaihi wasallam tidak pernah menjulurkan tangannya kepada Abu Bakar,Umar , tidak pula selain keduanya dari kalangan para sahabat,terlebih lagi selain mereka.Jangan pula tertipu dengan penyebutan Suyuthi terhadap kisah ini dalam kitabnya (Al-Hawi) , sebab Suyuthi dalam tulisan-tulisannya seperti yang disebutkan para ulama: hathibul lail (pencari kayu bakar dimalam hari)1 , dia menyebut yang kurus dan yang gemuk (tidak memperhatikan kebenaran apa yang dinukilnya,pen), dan tidak diperbolehkan shalat dibelakang orang yang meyakini kebenaran kisah ini sebab dia meyakini perkara-perkara khurafat ini dan ada kerusakan dalam akidahnya, dan tidak boleh pula membacakan kepada manusia kitab “fadha’il al-a’mal” dan yang lainnya dari kitab yang mengandung berbagai khurafat dan cerita-cerita palsu di masjid-masjid atau yang lainnya,sebab yang demikian menyebabkan tersesatnya manusia dan tersebarnya perkara khurafat dikalangan diantara mereka.
Kami memohon kepada Allah Azza wajalla agar memberi taufik kepad kaum muslimin untuk mengenal kebenaran dan mengamalkannya. Sesungguhnya Dia maha mendengan dan maha mengabulkan. Shalawat dan Salam tercurah kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu alaihi wasallam , keluarga dan para sahabatnya.
Lajnah Daimah untuk pembahasan ilmiah dan fatwa
Ketua: Abdul Aziz bin Abdillah Alus Syaikh
Anggota:
· Abdullah Ghudayyan
· Saleh Al-Fauzan
· Bakr Abu Zaid
(lajnah Daimah fatwa No:21412)
Sumber: http://www.sahab.net/forums/showthread.php?t=358796
Alih bahasa : Al-Ustadz Abu Karimah Askari bin Jamal Al-Bugisi
Dikutip dari : http://www.salafybpp.com/
Tambahan dari empunya blogger:
Selepas dari ijtimak Tabligh sedunia seramai 200 ribu, kebetulan penulis ada terbaca dari salah satu blogger yg menyokong Jemaah ini,mungkin blogger ini adalah blogger salah seorang ahli Jemaah tersebut. Dalam blogger tersebut penulis,begitu mengangkat tinggi akan perjuangan jemaah tabligh dengan menyatakan bahawa lihatlah!"ada kumpulan yang menyesatkan jemaah yang teramai ini tetapi tidak Perdana Menteri kita sanggup datang untuk memberi sokongan dan semangat kepada kami"Dalam blogger yang lain ada kata kata " Ijtimak Tabligh Sedunia - Mana pergi Ulama PAS???? dan sebagainya dan disitu disertakan kata kata PM "Saya mengucapkan selamat datang kepada saudara-saudara semua, Semoga Allah merahmati dan menjadikan kita umat yang berjaya,"
Kemungkinan dengan sokongan PM ini mereka merasakan apa yang diperjuangkan oleh mereka adalah benar belaka tiada apa yang perlu digusarkan untuk mengikuti jemaah mereka.Setelah itu penulis melihatkan aktiviti mereka lebih aktif dari biasa.Di area rumah penulis ada diantara mereka ziarah rumah ke rumah selepas waktu magrib,dimana sebelum itu ziarahnya sebelum Magrib, tanpa mengambil kira hari dan kepenatan masyarakat setempat selepas balik dari bekerja dimana ada tanggung jawab terhadap keluarga dan anak anak,seperti mengajar anak mengaji,menemankan membuat kerja kerja sekolah dan sebagainya.Ada sebahagian surau atau masjid pula pada ketika itu ada majlis fardhu ain,Pengajian al Quran dan taranum tetapi jelas jelas mereka ( Jemaah Tabligh)tidak mahu mengikutinya.Dalam artikel ttg kajian & kritikan terhadap Jemaah Tabligh,penulis ulangi perkataan" bahawa mereka mengingini kita mengikuti program program mereka tetapi menjauhi majlis majlis ilmu yang di anjurkan oleh pihak Surau atau Masjid.
Allahua'lam.
Pak atan 09
Salam,
ReplyDeleteBagaiamana dengan sebuah hadis yg mengatakan golongan teramai adalah golongan yang selamat (sawaul a'dham)
Hmaba Allah
Nabi saw bersabda:
ReplyDeleteAllah swt tidak akan mengumpulkan urusan umat ku di atas kesesatan selama2nya (maka) hendaklah kamu mengikut golongan yg teramai (al Sawad al A'zem); tangan Allah itu di atas jama'ah, barangsiapa yg menjauhkan diri, maka ia terasing di dlm neraka"
(HR Ibnu Jarir dan al Hakim dr Ibnu Umar)
Jika menurut zahir hadis ini mmg golongan yg teramai adalah golangan yg selamat cuma hadis ini Sya kurang pasti syarahnya.kalau golongan yg majoriti selamat ini amat bertentangan dgn ayat Quran yang menjelaskan bahawa golongan yg ramai itu tidak beriman,tidak memahami,tidak,bersyukur,dsbnya.Cuba lihat ayat ayat di bawah:
"... akan tetapi kebanyakan mereka tidak memahamirya."
(al-Ankabut: 63)
"... akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."
(al-A'raf:187)
"... akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman."
(Hud:17)
"... akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur."
(al-Baqarah: 243)
"Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di
muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari
jalan Allah..." (al-An'am: 116)
Pada masa yang sama, al-Qur'an memberikan pujian terhadap golongan minoriti apabila mereka beriman, bekerja keras, dan bersyukur; sebagaimana disebutkan di dalam firman-Nya:
"... kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan
amal shaleh; dan amat sedikitlah mereka ini..." (Shad:
24)
"... dan sedikit sekali hamba-hamba-Ku yang berterima
kasih." (Saba':13)
"Dan ingatlah (hai para muhajirin) ketika kamu masih
berjumlah sedikit lagi tertindas di muka bumi..."
(al-Anfal: 26)
"Maka mengapa tidak ada dari umat-umat sebelum kamu
orang-orang yang mempunyai keutamaan yang melarang
daripada (mengerjakan) kerusakan di muka bumi, kecuali
sebahagian kecil di antara orang-orang yang telah Kami
selamatkan di antara mereka..." (Hud: 116)
kesimpulannya, tidak semestinya golongan yang majoriti itu selamat begitu juga minoriti.Yang menentukan selamat atau tidak setakat mana kita memahami ad-den (agama) ini dengan sebenar2 kefahaman sebagaimana kefahamanya para salafussoleh.
Allahua'lam.
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete